Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

posisi tidur yang baikPosisi tidur yang baik – Anda mencari artikel posisi tidur yang baik?. Artikel posisi tidur yang baik yang kami bahas ada beberapa type posisi tidur yang biasa anda lakukan. Posisi atau arah posisi tidur yang baik merupakan salah satu faktor penunjang kesehatan untuk anda. Karena tidur merupakan sebuah kebutuhan jasmani yang harus terpenuhi secara maksimal. Pemenuhannya harus sesuai dengan aturan kesehatan. Tidur tidak dapat kita tolak dalam waktu yang lama. Walau menggunakan kafein dalam kopi atau untuk stimulant yang lain yang berfungsi atau bersifat sebagai pencegah tidur hanya sementara. Karena sebuah kebutuhan jasmani perlu kita penuhi.

Perlu anda ketahui apakah kita sudah melakukan cara tidur yang baik bagi wanita atau pria demi kesehatan yang kita jaga. Melakukan posisi yang salah akan menggangu kesehatan. Rata – rata lama tidur biasanya dilakukan dalam waktu 7 sampai 8 jam. Kita ketahui bahwa terkadang seseorang yang kurang tidur di waktu malam biasanya akan mudah kelelahan dan mengantuk dipagi hari atau siang. Hal ini dikarenakan waktu tidur mereka yang berkurang, tidak mencapai 7 sampai 8 jam.

Beberapa hal yang perlu diketahui dengan cara tidur yang baik bertujuan untuk apa. Apakah setelah tidur tersebut yang anda lakukan anda mendapatkan efek samping yang baik atau tidak. Nah sekarang kita perhatikan posisi kita yang biasanya di lakukan. Sebelum kita membahas tentang posisi istirahat atau baik buruknya posisi istirahat kita, perlu diketahui bahwa posisi istirahat yang biasa kita lakukan ada tiga macam. Biasanya posisi tidur yang sering dilakukan seperti arah posisi tidur yang baik itu miring, arah tidur terlentang atau arah posisi tidur yang baik itu tengkurap?. Perhatikan point – point berikut untuk mengetahui apakah anda sudah melakukan posisi tidur yang baik.

Artikel lainnya :
Manfaat buah anggur
Mengenal serotin
Manfaat apel
Ketahui manfaat madu

Posisi tidur yang baik dilakukan, seperti :

Posisi tidur yang baik – Posisi Tidur Miring

Arah tidur dengan posisi miring ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu berkaitan dengan arah tidur kita, posisi tidur miring mempunyai efek sendiri – sendiri bergantung arah miringnya posisi istirahat kita kearah mana kiri atau kanan. Jika kita tidur dengan posisi miring ke arah kiri jantung kita akan terbebani oleh berat badan kita sehingga jantung dapat menimbulkan rasa lelah dan berakibat fatal, tidak dapat mengistirahatkan lambung dengan baik. Nah posisi tidur miring sebaiknya kita lakukan adalah miring ke kanan dan tidur ini seperti posisi tidur bayi karena jantung atau organ tubuh kita tidak akan terbebani oleh berat badan kita sehingga dapat beristirahat dengan baik.

          Perhatikan cara atau posisi tidur yang baik dengan posisi miring untuk mendapatkan istirahat yang maksimal

a. Posisikan badan melengkung dengan kaki agak ditarik menekuk ke arah pada bagian dalam dada yang berfungsi untuk mengurangi tekanan pada tulang punggung.

b. Gunakan bantal yang nyaman di kepala sampai leher agar leher menjadi rileks mengurangi tegangan – tegangan otot pada saat tidur.

c. Letakan bantal antara kaki satu dengan yang lainnya sehingga pinggang tidak menimbulkan pegal pada pinggang.

Artikel lainnya :
Baca manfaat buah mangga
Cara Mencegah Kehamilan Saat Berhubungan

Manfaat dari posisi tidur yang baik dengan miring ke kanan :

1) Berguna untuk mengurangi rasa nyeri dan mulas

2) Sebagai istirahat dari otak sebelah kiri

3) Menghidari jantung terbebani oleh berat badan

4) Lambung dapat istirahat dengan baik dan tidak terbebani oleh berat badan

5) Membantu proses pengosongan empedu dan pankreas

6) Memaksimalkan waktu penyerapan zat gizi makanan dari proses metabolisme

7) Merangsang mudahnya buang air besar sehingga tidak sulit buang air besar

8) Istirahat dari kaki kiri 9) Paru – paru lebih terjaga kesehatannya

10) Terjaganya saluran pernafasan Adapun manfaat dari tidur miring baik ke arah kanan atau ke arah kiri memiliki kesamaan yaitu membuat wajah tertekan ke bantal sehingga mengurangi kadar oksigen. Hal ini dapat memperjelas kerutan wajah sehingga wajar terlihat berkerut.

Posisi tidur yang baik dengan posisi terlentang

Posisi tidur yang berikutnya yaitu posisi istirahat telentang, sebenarnya posisi tidur yang baik terlentang ini baik untuk kesehatan tulang belakang dan leher karena posisi tubuh biasanya akan lurus selaras menjadi lebih baik. Karena itu arah dengan tidur terlentang sangat dianjurkan terutama pada seseorang yang biasanya mengalami nyeri pada bagian punggung dan leher.

Untuk manfaat tidur dengan posisi terlentang sendiri sebagai berikut :

a. Terjadi keseimbangan berat tubuh

b. Organ tubuh terutama tulang menjadi selaras perkembangannya

c. Dapat mengurangi resiko kerutan pada kulit wajah

Selain manfaat dari posisi tidur terlentang juga ada kekurangannya. Dengan menerapkan posisi tidur terlentang kita akan mudah mendengkur yang diakibatkan dari kesulitan bernafas. Saluran pernafasan terhalang oleh lidah sehingga kita akan mengalami kekurang oksigen. Kekurangan okseigen pada waktu tidur biasanya kita akan mendengkur. Saat kita mendengkur atau merasakan kekurang oksigen saat tidur maka kita akan terbangu sejenak dan mengganti arah tidur kita menjadi lebih nyaman. Sehingga oksigen menjadi lancar karena saluran pernafasan dapat bekerja dengan baik. Sebagai saran jika ingin tidur dengan posisi tidur terlentang :

1. Posisikan bantal dibagian kepala dan leher jangan sampai leher terlalu tegak atau terlalu tinggi

2. Luruskan badan sehingga hampir terlihat lurus

3. Jangan tempatkan tangan dibawah kepala biasanya peredaran darah ke arah tangan akan terhambat dan menjadi kesemutan

4. Hindari bantal diatas kepala

Artikel lainnya :
Buah untuk darah rendah
Gejala asam lambung

Posisi tidur yang baik dengan posisi tengkurap

Arah tidur dengan tengkurap bukanlah Arah tidur yang biak dan posisi tidur yang seperti ini sebaiknya dihindari atau tidak dilakukan karena tidak baik untuk kesehatan disebabkan tertekannya jantung sehingga fungsi jantung memompa darah menjadi terganggu, paru – paru karena pada saat kita menghirup udara akan mengembang nah proses masuk udara kedalam paru – paru akan terhambat karena arah tidur seperti ini akan menekan mengembangnya paru – paru, dan tertekannya perut sehingga menjadi penyebab sakit perut di saat bangun.

Arah tidur tengkurap akan membuat lengkungan pada tulang, posisi kepala saat posisi tidur seperti ini biasanya akan miring kekanan atau kekiri yang menyebabkan terjadinya syaraf terjepit atau menyebabkan leher terasa pegal saat bangun karena sepanjang malam arah kepala miring kekanan atau ke kiri dengan posisi penekanan pada syaraf leher. Jika hal ini terjadi secara berlarut – larut makan akan menyebabkan terjadi kelaian struktur tulang secara keseluruhan karena tulang tidak berkembang secara baik sehingga menyebabkan kerugian yang lebih banyak pada kesehatan atau tubuh kita dan ini merupakan bukan posisi yang dianjurkan. Adapun tambahan untuk posisi tidur yang biasa kita lakukan seperti posisi berikut :

Artikel lainnya :
Gejala asam urat
Makanan sehat untuk diet

Posisi tidur yang baik dengan posisi duduk

Perlu dikatahui biasanya kita melakukan atau menyelesaikan pekerjaan sampai kelelahan dan terkadang karena lelah sampai akhirnya kita tertidur di meja kerja kita, posisi tidur sambil duduk ini sangat tidak disarankan karena akan berakibat baik pada leher dan tulang belakang, dengan tidur demikian akan menyebabkan terjadinya lengkungan pada tulang belakang, tidur sambil duduk dan badan disandarkan pada meja seperti biasanya orang kelelahan bekerja atau pelajar yang tertidur saat pelajaran disekolah akan membuat badan kita tidak tegap dikarenakan tubuh membebani tulang dan tulang leher biasanya akan terasa pegal karena posisi leher miring, menyebabkan wasir maka arah tidur kita seperti ini sebaiknya tidak dilakukan karena bukan termasuk posisi tidur yang baik.

Jika anda ingin mendapatkan kesehatan dengan baik usahakan tidur secara teratur dan terjadwal sebaik mungkin agar tetap pada pola tidur yang biasa anda lakukan karena demikian akan memberikan efek yang baik pada kesehatan serta waktu lama tidur atau istirahat terpenuhi dengan baik yaitu berkisar antara 7 sampai dengan 8 jam setiap harinya, jika malam tidur anda terganggu akan sangat disarankan penuhi pada siang hari hal ini sangat bermanfaat.

Artikel lainnya :
Bagaimana cara mengatasi susah tidur
Cara mengatasi rambut rontok parah

Demikian artikel yang dapat kami bahas, semoga apa yang kami bahas bermanfaat untuk anda dan keluarga, dan kiranya ini menjadi bermanfaat kami minta share artikel ini untuk memberikan manfaat kepada orang lain sehingga website yang kami kelola ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

About

Menjadi lebih baik adalah hasil dari belajar karena ilmu yang bermanfaat akan selalu merubah seseorang ke arah hal yang lebih baik... Berusaha terus tegar dengan semua kehidupan adalah cara memenangkan persaingan dalam diri, karena pesaing terberat bukanlah orang diluar sana melainkan diri sendiri agar mudah dikalahkan dan selalu berubah... Do or Die untuk berjuang... @Fa

4 thoughts on “Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

  1. Alexavia says:

    You mean I don’t have to pay for expert advice like this anryemo?!

  2. jovita says:

    Memang posisi tidur yang baik ini akan mempengaruhi kesehatan kita.
    terima kasih

  3. Jojo says:

    Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan – Kesehatan – Ata
    Wah ini bisa menjadi referensi dalam pola hidup yang sedang diterapkan, terima kasih untuk artikelnya, karena saat tidur saya sering mengalami sakit bagian leher dan kepala setelah bangun pagi…

    1. Septa@Ata says:

      Semoga dapat bermanfaat dengan baik artikel website kami ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.