Penyebab Sakit Perut

Penyebab Sakit Perut – Anda mencari penyebab sakit perut?. Penyebab sakit perut yang kami bahasa sangat beragam. Pada umumnya sakit perut semua orang pernah mengalaminya karena sakit perut merupakan penyakit yang umum dan banyak hal yang menyebabkannya. Akan tetapi sakit perut yang kita rasakan ada kalanya merupakan sebuah gejala dari beberapa penyakit lain yang kita rasakan bisa penyakit yang memang serius dan ada yang hanya sakit biasa.

Penyebab sakit perut

Pada dasarnya sakit perut yang kita rasakan biasanya disebabkan dari faktor makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau kondisi perut kita. Untuk mengetahui sakit perut yang kita rasakan merupakan gejala dari penyakit yang serius atau tidaknya kita harus benar – benar mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sakit perut biasa atau kram perut yang terjadi biasanya sakit yang terasa pada abodemen. Sakit perut seperti ini biasanya terjadi pada kurun waktu yang tidak lama dan hal ini merupakan sakit perut biasa tidak berbahaya akan tetapi jika sakit yang terasa pada satu titik saja sebagai pusat sakitnya dan terjadinya secara tiba – tiba makan hal ini perlu diwaspadai bahayanya karena biasanya hal ini disebebkan oleh sakit yang parah dan perlu penanganan secepatnya agar lekas sembuh.

Penyebab sakit perut

Dibawah ini merupakan beberapa penyebab dari sakit perut yang biasanya terjadi : Sakit perut disertai diare Diare merupakan penyakit umum yang sering terjadi, umumnya terjadi pada anak – anak yang belum mengetahui benar menjaga kesehatan tubuh yang pada akhirnya makan – makanan secara sembarangan, akan tetapi bukan berarti tidak terjadi pada orang dewasa karena banyak orang dewasa juga yang tidak dapat menjaga kesehatan dan akhirnya mengalami diare. biasanya pada saat diare kita sering merasakan kram perut karena otot perut akan tegang sehingga terasa sakit, sakit perut ini biasanya disebabkan oleh gastroenteritis yaitu terjadinya peradangan bagian perut dan usus karena adanya infeksi virus atau bisa juga berupa bakteri yang termakan bersama makanan yang telah kita makan. Bakteri ini biasanya dikenal dengan campylobacter dan salmonella. Kondisi kram perut jika disertai terjadinya muntah – muntah dan diare yang terus menerus maka akan membuat kondisi tubuh mudah menurun.

Penyebab sakit perut

Pada saat terjadi diare kita akan mengalami banyak kehilangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi karena hal tersebut maka kita sangat di haruskan banyak mengkonsumsi cairan sebagai pengganti cairan tubuh yang telah hilang akibat diare yang menimbulkan dehidrasi ini. Hal ini terjadi tidak kurun waktu lama dan jika terjadi dalam sehari kita BAB secara terus menerus maka disarankan segera memeriksakan keadaan tersebut kepada ahli medis terdekat atau dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, terlebih jika disertai muntah – muntah dan terjadi dalam waktu beberapa hari hal ini dapat memperburuk keadaan kita perlu waspada diare atau sakit perut yang terjadi disebabkan oleh hal lain. Sakit perut yang terjadi jika disertai diare bukan hanya dikarenakan gastroteritis bisa juga disebabkan oleh penyakit lain seperti penyakit tifus, infeksi cacing, efek samping obat – obatan dan disentri, pada umumnya jika terjadi pada wanita bisa juga disebabkan oleh pramenstruasi atau siklus haid bulanan.

Penyebab sakit perut

Kram perut yang disebabkan oleh masuk angin Masuk angin merupakan penyakit yang menyebabkan sakit perut karena pada umumnya terjadi karena proses biaologis dalam tubuh pada system pencernaan yang kurang sehat dengan tanda – tanda perut terasa penuh, kembung, mengeluarkan sendawa dan hal ini juga dapat diakibatkan dari udara dingin seperti terlalu sering bermain air atau faktor angin luar ( berkendara dan angin malam). Makanan yang kita makan yang dapat menyebabkan kita masuk angin karena merangsang timbulnya gas dalam perut seperti brokoli, bawang bombai, minuman bersoda dan kol. Kondisi ini merupakan kondisi umum yang dapat menimbulakan kram perut dan kembung sehingga perut terasa sesak terkadang terasa sakit melilit. Sakit perut yang mendadak dan kondisinya parah biasanya disebabkan oleh beberapa penyakit atau keadaan yang harus ditangani dengan serius seperti :

Penyebab sakit perut – Radang pada usus atau usus buntu

Penyebab sakit ini biasanya berupa usus buntu, yaitu gangguan kesehatan yang terletak pada bagian usus. Pada umumnya akan terjadi peradangan pada bagian kantong yang mirip dengan jari. Usus ini terhubung dengan usus besar yang terletak pada bagian bawah perut. Untuk penanganan usus buntu biasanya harus dilakukan operasi di rumah sakit. Lakukan sesegera mungkin untuk penanganan usus buntu agar proses pencernaan dapat bekerja dengan baik kembali. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat ini akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lain karena proses pencernaan makanan akan terganggu.

Artikel lainnya :
Gejala asam urat
Makanan sehat untuk diet

Penyebab sakit perut – Batu ginjal

Batu yang berbentuk krisal – Kristal kecil dari zat makanan dan mineral dalam tubuh biasanya terbawa dalam urin. Akan tetapi ada yang harus diperhatikan pada kristal kecil ini jika masih kecil – kecil biasanya memang akan keluar bersamaa urin yang keluar. Jika Kristal batu ginjal ini ukurannya besar akan menghambat saluran urin atau saluran kandung kemih. Saluran yang terhambat akan membuat sakit pada saat buang air kecil. Kristal ini menjadi penyebab sakit perut bagian bawah tepatnya pada saluran kandung kemih. Gejala batu ginjal ini juga akan merasakan sakit perut melilit secara mendadak dibagian perut kanan, kiri, atas bawah dan pada pinggang. Jika terjadi seperti ini usahakan segera lakukan operasi atau cek ke dokter agar cepat mendapat penanganan yang baik sehingga tidak menyebabkan pengendapan yang mengakibatkan Kristal batu ginjal menjadi besar. Sebagai pencegahan terjadinya batu ginjal cukupkan kebutuhan mineral atau air putih dalam tubuh setidaknya mencapai dua liter dalam seharinya.

Artikel lainnya :
Bagaimana cara mengatasi susah tidur
Cara mengatasi rambut rontok parah

Penyebab sakit perut – Tukak pada dinding perut

Tukak pada dinding perut merupakan terjadinya luka pada dinding perut bagian dalam atau pada usus. Tukak pada dinding perut ini biasa disebut dengan tukak peptic. Sakit perut yang disebabkan oleh tukak peptic akibat terkikisnya diding perut atau usus yang terjadinya dalam beberapa waktu. Perlahan demi perlahan jika terjadi tukak ini jika tidak ditangani akan menyebabkan kikisan pada dinding perut ini jika tetap dibiarkan akan menyebabkan lubang di dalam saluran pencernaan sehingga menyebabkan pendarahan. Jika ini terjadi sangat mengganggu kesehatan dan penyakit tukak lambung dapat menyebabkan bab berdarah akibat pendarahan.

Artikel lainnya :
Posisi tidur yang baik
Cara mengobati asam urat

Penyebab sakit perut – Divertikulitis

Divertilikulitis merupakan peradangan dalam diding usus besar yang terjadi pada kantong – kantong kecil atau divertikulum. Pada umumnya akan menjadi penyebab sakit pada perut yang disertai beberapa gejalan atau penyakit lain seperti kembung, mual mual, demam, dan diare. Perut akan melilit karena adanya peradangan yang tidak segera diatasi atau tidak diketahui.

Artikel lainnya :
Ciri ciri paru paru basah
Gejala demam berdarah pada anak

Penyebab sakit perut – Batu empedu

Pembentukan batu empedu terjadi didalam kantong empedu yang terbentuk dari pigmen dalam empedu dengan kolestrol sehingga menyebabkan sakit perut karena empedu tidak dapat maksimal menetralisir racun dalam makanan. Jika terjadi batu empedu segera lakukan operasi. Dalam masalah sakit perut ada juga sakit perut yang sifatnya kronis atau kambuhan. Maksud sakit perut ini merupakan sakit perut yang terjadi dalam jangka waktu yang lama dan bersifat kambuhan karena terkadang hilang dan suatu ketika akan terjadi kembali, untuk mengetahui penyebabnya secara pasti segeralah periksakan ke ahli medis. Pada orang dewasa penyebab sakit perut kronis yang sifatnya kambuhan ini biasanya seperti menstruasi pada perempuan, sakit maagh, infeksi saluran kemih dan konstipasi, terkadang ada juga yang lain tetapi jarang terjadi seperti :

Penyakit Crohn dan sindrom iritasi usus. Pada penyakit crohn akan menyebabkan terjadinya peradangan dinding system pencernaan yang jangka panjang sedangkan sindrom iritasi usus biasanya terjadi jika otot yang berada pada dinding usus kencang sehingga menjadi kejang dan sakit yang terasa akan hilang pada saat membuang angin tau saat bab. Penyeybab sakit perut.

Artikel lainnya :
Cara penyimpanan asi yang tepat
Metabolisme

 Ada kalanya sakit yang terasa akan disertai hal – hal seperti :

  • muntah – muntah yang berlangsung lama dan sering
  • badan menjadi demam
  • sulit buang air besar
  • merasakan sakit saat buang air kecil dengan intesitas yang tinggi atau sering
  • Jika perut disentuh merasakan sakit

Gejala ini berarti semakin parah jika disertai

  • Terjadinya Muntah yang mengeluarkan darah
  • Buang air besar disertai darah atau Bab berdarah / ambeien / wasir
  • Sulit bernafas karena saluran pernafasan terganggu
  • Pada saat hamil merasakan sakit perut yang melilit

Penyebab sakit perut

About

Menjadi lebih baik adalah hasil dari belajar karena ilmu yang bermanfaat akan selalu merubah seseorang ke arah hal yang lebih baik... Berusaha terus tegar dengan semua kehidupan adalah cara memenangkan persaingan dalam diri, karena pesaing terberat bukanlah orang diluar sana melainkan diri sendiri agar mudah dikalahkan dan selalu berubah... Do or Die untuk berjuang... @Fa

5 thoughts on “Penyebab Sakit Perut

  1. Loree says:

    Thanks for writing such an eaeyot–undsrstand article on this topic.

    1. kes3hat4 says:

      Okay, thaks to visit my website….

      1. Sandi says:

        Artikel yang tidak buruk untuk kami jadikan sumber bacaan

    2. Kalis says:

      Terimakasih untuk pengetahuan yang bergulir dengan wawasan ini.

      1. Septa@Ata says:

        Okay…
        Sama sama kawand…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.