Pengertian Metabolisme

Pengertian Metabolisme – Apakah anda mencari pengertian metabolisme?. Kami menjelaskan pengertian metabolisme. Makanan adalah sumber energy yang akan digunakan oleh semua makhluk hidup untuk beraktivitas dalam setiap harinya, makanan mutlak dibutuhkan oleh semua makhluk hidup sebagai sumber energy namun setiap makanan yang dimakan oleh makhluk hidup tidaklah langsung menjadi energi yang dapat digunakan tetapi harus melalui proses metabolisme, Melalui proses metabolisme inilah nutrisi dalam makanan yang dimakan diambil oleh tubuh dan akan mengalami perombakan atau perubahan terlebih dahulu guna memenuhi kebutuhan energi yang makhluk tersebut butuhkan. Pengertian Metabolisme.

Perlu kita ketahui makanan yang kita makan dibagi menjadi dua bagian yaitu nutrisi yang akan di rubah menjadi energi dan sisa makanan yang akan masuk ke area lain guna dibuang. Pada bagian ini akan dijelaskan proses perombakan nutrisi menjadi energy melalui proses metabolisme. Pengertian Metabolisme.

Tentu akan terfikir apa sih yang dimaksud dengan metabolisme?

Metabolisme yaitu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup, proses perubahan nutrisi makanan menjadi energy baik dibantu bakteri ataupun tidak. Dan metabolism sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup agar dapat bertahan hidup dari energy yang dihasilkan, jika proses metabolism terhambat akan berakibat fatal bagi makhluk hidup itu sendiri. Metabolisme sendiri berasal dari bahasa yunani yang dikenal dengan sebutan “METABOLE”, dengan artinya adalaha “Perubahan”. Jika kita mempelajari metabolism, maka perlu di ketahui dalam proses metabolisme ada dua proses rangkaian kimiawi yaitu “Anabolisme” dan “Katabolisme”. Keduanya memiliki peran masing – masing dalam tubuh.

Artikel lainnya :
Buah untuk darah rendah
Gejala asam lambung

Metabolisme

Anabolisme yaitu rangkaian kimawi yang berperan sebagai penyusunanatau proses merangkai senyawa agar dapat diserap oleh tubuh, sedangkan katabolisme merupakan proses kimiawi penguaraian zat sehingga menjadi partikel molekul molekul tertentu guna menjadi energy yang dibutuhkan makhluk hidup.. Proses metabolisme sangat dibutuhkan oelh makhluk hidup dan proses tersebut ditentukan oleh senyawa yang disebut dengan hormone dan enzimlah yang akan bertugas mempercepat proses metabolisme. Pengertian Metabolisme.

Pada proses kimiawi sebagai penentu arah terjadinya proses kimiawi disebut dengan promoter dan zat yang digunakan untuk mempercepat proses kimiawi disebut dengan katalis atau katlisator. Dalam proses metabolisme ini lah penentu sebuah zat beruna atau tidaknya oleh tubuh, mengandung racun atau tidaknya zat atau nutrisi tersebut sehingga peran metabolisme dalam makhluk hidup memiliki peran penting untuk kelangsungan hiudpnya. Jika terjadi proses metabolisme sendiri terhambat atau tidak bekerja kembali lagi saya tekankan ini sangat fatal untuk kehidupan makhluk hidup.

Artikel lainnya :
Gejala asam urat
Makanan sehat untuk diet

Metabolisme

Apa saja yang harus dirubah dalam metabolisme agar dapat menjadi energi?. Berdasarkan pertanyaan diatas bahwa molekul kompleks lah yang akan di rubah menjadi energi, berupa sari pati sari pati tersebut dihasilkan dari mengunyah makanan didalam mulut dengan bantuan air liur sebagai enzim dan akan dihidrolisis menjadi molekul sederhana, akan tetapi proses hidrolisis atau penguraian tidak dapat dilakukan kepada lemak karena sifat lemak tidak dapat larut dalam air, karena itulah lemak memiliki siklus metabolisme yang lebih panjang. Zat – zat yang akan diproses dalam metabolisme berupa karbohidrat, protein dan lemak, seperti akan dijelaskan di bawah ini :

Proses – proses metabolisme

Pengertian Metabolisme – Proses Pada Karbohidrat

Didalam proses metabolisme karbohidrat terjadi dalam pencernaan makanan, karbohidrat yang dimakan akan mengalami proses hidrolisis terlebih dahulu yaitu proses penguraian zat menggunakan molekul air. Dalam proses pencernaan karbohidrat dengan cara menguraikan molekul komplek polisakarida dirubah menjadi yang lebih sderhana monosakarida. Pada saat makanan dikunyah didalam mulut, makanan dipotong – potong dan akan bercampur dengan air liur yang didalamnya mengandung enzim ptialin, Enzim ptialin menghidrolisis zat pati makanan dalam proses metabolisme karbohidrat yaitu salah satu zat pati bersturktur polisakarida diberubah menjadi maltosa dan gugus molekul glukosa yang lebih kecil atau lebih sederhana yang didalamnya disusun dari 3 – 9 molekul glukosa.

Pada proses metabolisme karbohidrat makanan yang berada mulut hanya dalam waktu yang relative singkat sehingga pati yang dihasilkan tidaklah lebih dari 3 – 5% pati tersebut telah dihidrolisis saat makanan ditelan untuk dilanjutkan dalam proses pencernaan. Sedangkan hasil metabolisme pati tersebut dibawa menuju arah hati oleh darah melalui dinding usus dengan proses absorbsi atau diserap , molekul – molekul atau zat yang diserap berupa fruktosa, galatosa, manosa, glukosa dan monosaarida lainnya dari proses perubahan polisakarida menjadi gugus glukosa atau gula yang lebih sederhana. Pengertian Metabolisme.

Artikel lainnya :
Bagaimana cara mengatasi susah tidur
Cara mengatasi rambut rontok parah

Pengertian Metabolisme – Proses Pada Protein

Sumber protein dibagi menjadi dua bagian yaitu tumbuhan dan hewan, protein yang berasal dari tumbuhan disebut dengan protein nabati dan sumber protein berasal dari hewan disebut dengan protein hewani, walau terjadi dua pembagian bardasarkan makhluk sumbernya sumber protein terbesar berasal dari hewan atau daging akan tetapi sayuran juga memiliki kadar protein yang cukup besar untuk tubuh. Proses pencernaan protein berlangsung didalam lambung dilakukan oleh enzim yang bernama pepsin, pada proses metabolisme enzim ini akan aktif pada pH 2-3 dalam keadaan asam, yang terpenting dalam enzim ini mampu mencerna kolagen, dan pepsin mampu mencerna semua jenis protein dalam makanan dengan baik. Proses pencerernaan yang dilakukan pepsin dalam proses metabolisme mampu mencapai 10-3 % dari pencernaan protein secara keseluruhan. Pada rantai polipeptida protein mengalami hodrolisis yaitu proses pemecahan yang dilakukan oleh molekul air atau H2O.

Artikel lainnya :
Posisi tidur yang baik
Cara mengobati asam urat

Pengertian Metabolisme – Proses Metabolisme Lemak

Lemak dapat disebut juga dengan istilah minyak hewani. Metabolisme Lemak adalah proses metabolisme di dalam tubuh guna memperoleh energi dari lemak setelah menjadi sari – sari makanan di dalam tubuh atau dapat disebut juga perubahan sari – sari makanan di dalam tubuh berupa molekul lemak menjadi energi melalui proses metabolisme. Kecenderungan seseorang yang telah memakan makanan berlemak akan makan yang manis – manis karena proses metabolisme lemak menjadi energi membutuhkan glukosa yang dihasilkan dari karbohidrat. Lemak dalam tubuh kita akan masuk dalam proses metabolisme setelah lemak melewati proses penyerapan, bentuk lemak tersebut masih dalam bentuk trigliserida yaitu berupa lemak dalam tubuh yang tersimpan dalam proses penyerapan. Pengertian Metabolisme.

Artikel lainnya :
Ciri ciri paru paru basah
Gejala demam berdarah pada anak

Dalam proses metabolisme bentuk trigliserida ini, lemak akan disintesis menjadi 2 – karbon asam lemak dan gliserol karena sel tubuh makhluk hidup tidak dapat membentuk senyawa glukosa dari asam lemak begitu pula dengan gliserol yang berupa 5% dari lemak itu sendiri, perlu di ingat sel tubuh makhluk hidup itu sendiri tidak dapat membentuk glukosa pada proses metabolisme lemak sehingga organ – organ tubuh makhluk hidup tertentu seperti sistem saraf tidak dapat energi dari lemak, hal inilah yang menyebabkan proses metabolisme lemak lebih panjang prosesnya. Nah dari hasil sintesi lemak yang terjadi di dalam tubuh dalam bentuk asam lemak dan gliserol ini lah yang masuk kedalam proses metabolisme lemak menjadi energi yang dibutuhkan oleh makhluk hidup, dalam proses metabolisme asam lemak dan gliserol ini memerlukan glukosa untuk memasuki siklus berikutnya yaitu siklus krebs atau biasa dikenal dengan istilah TCA. Pengertian Metabolisme.

About

Menjadi lebih baik adalah hasil dari belajar karena ilmu yang bermanfaat akan selalu merubah seseorang ke arah hal yang lebih baik... Berusaha terus tegar dengan semua kehidupan adalah cara memenangkan persaingan dalam diri, karena pesaing terberat bukanlah orang diluar sana melainkan diri sendiri agar mudah dikalahkan dan selalu berubah... Do or Die untuk berjuang... @Fa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.