Kandungan Rokok dan Bahaya Merokok

Bahaya merokok – Siapa yang tidak kenal dengan rokok. Semua orang mengetahui dan mengenal rokok seperti apa. Kebebasan hidup membuat semua orang dengan bebas merokok. Berbagai macam alasan mereka semua megnkonsumsi rokok. Rokok yang penjualannya secara bebas dan tak terbatas membuat semua orang menerima kebebasan dalam merokok.

Mengkonsumsi rokok merupakan hal yang sangat umum. Dari anak usia sekolah sampai orang tua telah banyak yang merekok. Kebebasan mereka akan merokok tak pernah terhalangi dengan mudah. Anak usia sekolah terkadang membolos hanya untuk merokok bersama teman temannya. Orang orang rela menyisihkan uangnya hanya untuk merokok dengan bebas.

Kebebasan merokok sempat terhenti sejak adanya peraturan tentang area bebas rokok. Area merokok sendiri dibuat oleh pemerintah untuk membatasi kebebasan merokok dengan tujuan memberikan udara segar bebas asp rokok. Beberapa peraturan telah dibuat akan tetapi pada pelaksanaannya kebebasan merokok pada mereka tak merasa terhalangi. Penjualan rokok pun sempat menurun. Dan akhirnya area bebas rokok tidak diperhatikan mereka kembali.

Pada perokok sesuhngguhnya mengenal bahwa merekok itu berbahaya. Mereka semua memiliki alasan dan kebebasan sendiri dari rokok. Sedangkan peraturan peraturan yang di buat tidak bisa dengan mudah menyadarkan akan bahayanya merokok. Berbagai penyuluhan pun di selenggarakan, tetapi tidak membuahkan hasil maksimal.

Sebelum mengenal bahaya merokok lebih jauh, ada baiknya anda mengetahui kandungan dari rokok itu sendiri apa, berikut daftar kandungan dari bahan rokok.

Bahaya merokok – Kandungan Rokok

Kenali baik – baik apa saja yang tekandung dalam rokok, dan manfaat bahan – bahan tersbut untuk apa maka anda bisa menyimpulkan bahwa yang sedang anda lakukan baik atau tidak bahkan berbahaya atau tidak?

1. Bahaya Rokok – Acetone, Zat yang merupakan bahan rokok yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk kosmetik pembersih kuku.

2. Bahaya Rokok – Acetic Acid, zat yang biasa digunakan dalam pewarna rambut.

3. Bahaya Rokok – Amonia, zat yang dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembersih rumah.

4. Bahaya Rokok – Arsenic, zat yang dimanfaatkan sebagai bahan untuk racun tikus.

5. Bahaya Rokok – Butane, yang dimanfaatkan sebagai bahan digunakan untuk pembuatan cairan pemutih 6. Bahaya Rokok – Benzene, bahan yang dimanfaatkan sebagai dalam memproduksi karet

7. Bahaya Rokok – Formaldehyde, bahan yang dimanfaatkan sebagai zat pada proses pembalseman mayat.

8. Bahaya Rokok – Carbon Monoxide, berupa gas hasil dari suatu pembakaran.

9. Bahaya Rokok – Cadmium, bahan dasar komponen dalam pembuatan batu baterai.

10. Bahaya Rokok – Methanol, bahan yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar roket. Bahan methanol dan etanol sudah sangatlah berbahaya untuk kesehatan.

11. Bahaya Rokok – Toluene, digunakan pada komposisi pembuatan cat.

12. Bahaya Rokok – Lead, digunakan pada komposisi pembuatan baterai.

13. Bahaya Rokok – Nicotine, digunakan sebagai bahan pertanian pemberantasan hama tanaman berupa insektisida.

14. Bahaya Rokok – Hexamine, terdapat pada cairan yang digunakan membakar arang.

15. Bahaya Rokok – Naphthalene, bahan dasar dalam pembuatan kapur barus.

16. Bahaya Rokok – Tar, bahan utama dalam pembuatan aspal dijalan.

Itu semua kandungan dari rokok, berikut penjelasn bahanya merokok untuk kesehatan yang akan kami jelaskan.

Bahaya merokok – Otak

Otak mengalami penyempitan karena rokok. Adanya penyempitan pada otak disebabkan oleh rokok. Selain penyempitan pada otak merokok juga dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah. Penyempitan dan penyumbatan aliran darah menuju otak menjadi hal yang berbahaya. Karena asupan zat makanan dan oksigen akan menjadi terhambat. Mengkonsumsi rokok akan menyebabkan kelainan pada otak.

Ada 4 bentuk kelainan yang dapat terjadi, berikut 4 bentuk kelaianan yang terjadi pada otak.

a. Tingkat I neurologi penyempitan yang terjadi sampai 75% tanpa adanya keluhan yang dirasa.

b. Tingkat II penurunan neurologi yang bersifat sementara seperti gangguan perasaan,paralisis / lumpuh, penglihatan, dan lain sebagainya, gangguan ini akan menghilang kembali atau berlangsung dalam waktu waktu yang relatif singkat (24 jam), sedangkan pada defisit atau peurunan neurologi atau bahkan semakin meningkat.

c. Tingkat III merupakan peningkatan pada deficit neruologi yang terjadi pada tingkat II.

d. Tingkat IV terjadinya defisit neurologi yang bersifat tetap dari gangguang kesadaran yang dialami sampai pada keadaan hemiparese , koma, dan hemiplegia.

Artikel lainnya :
Penyakit vertigo gejala vertigo dan penyebab vertigo
Cara mengatasi telinga berdengung
Bahaya minum kopi bagi kesehatan
Penyebab batuk berdarah

Bahaya merokok – Meningkatkan stroke

Resiko peningkatan pada penyakit stroke. Penyumbatan darah akan menghambat proses kerja organ tubuh. Penyakit lain akan tumbuh dan berkembang. Penyakit tersebut diantaranya stroke. Resiko awal terserangnya stroke berupa TIA yang menjadi indikasi penyakit stroke lebih lanjut. Sebelum negalami stroke secara permanen seseorang akan mengalami TIA atau Tansient Inschema. Penyakit stroke awal yang dikenal dengan TIA ini tanpa disertai keluhan neurologis. Perlahan tapi pasti TIA akan berkembang menjadi stroke dan mengakibatkan gangguan otak.  Timbulnya masalah neurologis menyebabkan penyakit dimensia pada manusia.

Artikel lainnya :
Olahraga mengecilkan perut buncit menjadi perut sixpack
Kenali penyebab sering sakit kepala

Bahaya merokok – Pencernaan

Masalah pencernaan akan berkembang menjadi masalah yang berbahaya. Dalam usus 12 jari akan mengalami gangguan yang lebih lanjut. Bertambahnya kandungan asam dalam perut menyebabkan sirkulasi pencernaan akan terhambat. Pada penderita asam lambung akan mengalami gastro duodenal ulcers. Perokok akan mengalami peningkatan akan resiko penyakit ini. Peningkatan resiko perokok mencapai 2X lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tidak merokok. Pencernaan akan semakin memburuk karena kandungan dari rokok.

Artikel lainnya :
Makanan sehat untuk ibu hamil
Penyebab keguguran hamil muda

Bahaya merokok – Kambuhnya Asma

Cilia pada hidung yang teumbuh manjadi lumpuh. Cilia yang berupa bulu pada hidup yang berfungsi sebagai penyaring udara. Kelumpuhan cilia akan menyebabkan mudahnya terjadi masalah pada saluran pernafasan. Kebiasaan merokok merubah fungsi cilia yang aktif menjadi tidak berfungsi. Kehilangan fungsi dari cilia akan membahayakan saluran pernafasan karena kehilangan filter.

Waspada terhadap kehilangan fungsi cilia berupa batuk berat akibat saluran pernafasan yang terinfeksi. Batuk berat yang terjadi selama 90 hari akan menyebabkan menderita penyakit bronkhitis. Perokok yang telah berusia mencapai 40 tahun akan lebih berisko tinggi menderita penyakit. Melemahnya organ bronkhus merupakan akibat dari fungsi cilia yang telah rusak atau lumpuh. Adanya pelebaran gelembung pernafsan yang disebut alvenol mengakibatkan emphisema paru. Adanya komplikasi antara bronkhitis dan emphisema mengakibatkan kematian terbesar pada perokok.

Artikel lainnya :
Manfaat buah alpukat
Pola makan diet sehat

Bahaya merokok – Penyakit Paru – Paru arahnya ke asma

Pada saluran pernafasan terdapat selaput yang ditumbuhi bulu disebut dengan cilia, fungsi bulu ini menyaring debu saat kita bernafas dan debu tersebut akan dikeluarkan pada saat kita batuk atau pun bersin bersamaan udara yang keluar. Apa hubungannya dengan bahaya merokok, tentu anda perlu katahui secara baik bahwa bulu tersebut bisa rusak sehingga fungsinya tidak maksimal dikarenakan telah lumpuh / rusak oleh rokok. Kebiasaan ini akan merubah saluran pernafasan sehingga fungsi penyaringan akan menjadi hilang, mengalami pembengkakan saluran pernafasan, saluran menjadi sempit dan tersumbat karena pembengkakan.

Gejala terjadinya seseorang akan mengalami batuk berat yang berlangsung kurang lebih selama 3 bulan selama 2 tahun. Ini merupakan indikasikasi mengidap penyakit bronchitis kronik. hal ini terjadi pada perokok berusia 40 tahun. Mengalami pelemahan bronkus sehingga berakibat tidak bisa menyalurkan udara. Terjadinya emphysema paru yang diakibatkan gelembung nafas / alveoli melebar. Hal ini akan lebih parah dan berbahaya jika kita sebagai perokok mengalami komplikasi bronchitis dan emphysema.

Artikel lainnya :
Manfaat buah melon
Penyebab batuk kering
Penyebab perut buncit

Bahaya merokok – Penyebab Diabetes

Pada dasarnya merokok menimbulkan diabetes. Zat terkandung pada rokok yang sangat mempengaruhi adalah nikotin. Terjadinya resistensi hormone insulin dan menurunkan tingkat respon terhadap sekresi insulin. Nikotin  menyebabkan meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Karena insulin merupakan pengatur kadar gula telah dipengaruhi oleh nikotin. Penyakit diabetes yang timbul penyakit diabetes tipe 2. Tetapi hal ini dapat menyebabkan komplikasi pada penyakit diabetes, sehingga keadaan menjadi lebih parah. Jika terjadi peradangan pada penderita diabetes akan sulit sekali mengatasinya. Jalan satu – satunya jika terjadi peradangan harus mengalami amputasi tubuh.

Artikel lainnya :
Makanan penambah asi
Penyebab anemia atau penyebab kurang darah
Kenali bahaya minuman keras untuk kesehatan

Bahaya merokok – Kehamilan

Pada Janin yang ibunya merupakan perokok ini sangat berbahaya karena bahaya merokok pada kehamilan sangat berkaitan dengan janin, Ibu hamil yang merokok akan mengakibatkan lebih besar tingkat terjadinya kemungkinan kelahiran premature atau cacat pada janin, tingkat kamtian pada kelahiran menjadi dua kali lipat jika dibandingkan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi merokok. Mengakibatkan terjadinya daya tahan bayi menurun drastic ditahun pertama pada bayi jika kedua orang tuanya seorang perokok, hal ini akan mengakibatkan tingkat menderita radang paru maupun penyakit bronkhitis tingkatnya dua kali lipat lebih tinggi jika dibanding yang bukan merupakan perokok, terjadinya peningkatan infeksi penyakit sebesar 30%, dan perkembangan mental seorang anak yang orang tuannya merokok terbelakang hal ini telah diterbukti dibeberapa kasus janin dan bayi yang orang tuanya perokok dan bukan perokok.

Artikel lainnya :
Mengenal serotin
Mengenal magnesium dan manfaatnya
Manfaat buah sawo

Bahaya merokok – Menurunkan Kualitas Tidur

Meningkatnya kesulitan alam tidur sehingga menurunkan kualitas tidur.

Dalam kesehatan tidur ini disebabkan oleh nikotin sebagai stimulant yang memberikan efek menyegarkan seperti halnya yang terdapat pada kafein dan cokelat, akan tetapi efek kafein disini ada kalanya menenangkan dan membuat kita merasakan ketenangan saat menghirup rokok. Pada tahun 2006 sebuah penelitian tentang bahaya merokok yang berkaitan dengan efek kafein yang dibuktikan oleh Penjabi beserta kawan – kawannya. Menyimpulkan bahwa efek nikoton ini ternyata lebih kuat dalam mempengaruhi pola tidur seseorang, sehingga mempengaruhi berapa lama seorang perokok dapat tidur. Seorang perokok akan memliki kecenderungan lebih lama atau akan sulit tidur dibandingkan yang bukan perokok.

Artikel lainnya :
Tanda tanda awal kehamilan
Makanan yang mengandung asam folat
Manfaat buat tomat

Bahaya merokok – Mengganggu Aliran Darah / Pembuluh darah

Merokok dapat menyebabkan arteries kleorosis. Masalah penebalan dan pengerasan pada pembuluh darah sehingga elastisitas pembuluh darah menjadi hilang. Terjadinya disertai adanya penyempitan lubang pembuluh darah. Hal ini akan terjadi pada seluruh pembuluh darah, dan diakhiri dengan penyumbatan. Adanya gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah bisa mengakibatkan kemungkinan lain terjadi. Pelebaran pembulu darah akan terlihat seperti kantung.

Terjadinya penyumbatan secara mendadak. Gumpalan darah yang terbawa aliran emboli akan menyebabkan penyumbatan diseluruh organ tubuh. Gumpalan dapat terjadi pada organ penting seperti paru paru dan otak. Merokok disetai minum pil kotrasepsi pada wanita akan meningkatkan resiko bahayanya. Pil kontrasepsi yang mengandung estrogen berbahaya pada penggumpalan saluran emboli paru.

Artikel lainnya :
Manfaat buah kurma
Manfaat buah naga merah
Manfaat buah pisang untuk kesehatan

Ada 4 tingkat gangguan arteriosklerosis obliteran, yaitu:

1. Bahaya merokok arteries kleorosis Tingkat I – tanpa adanya gejala.

2. Bahaya merokok arteries kleorosis Tingkat II Akan merasakan sakit pada kaki di saat latihan, misalkan pada saat berjalan lebih melebihi jarak 200 m (II a) atau kurang dari 200 m (II b), keluhan akan timbul secara berselang maksudnya keluhan akan hilang jika diistirahatkan (Claudicatio Intermittens).

3. Bahaya merokok arteries kleorosis pada Tingkat III biasanya terjadi keluhan saat istirahat yang pada umunya terjadi saat malam hari dan bila tungkai kaki pada posisi yang lebih tinggi atau ditinggikan.

4. Bahaya merokok arteries kleorosis pada Tingkat IV terjadi kematian jaringan (Nekrosis atau ganrene), pada stadium ini lebih berbahaya karena tindakan yang paling mungkin hanyalah dengan amputasi (dipotong) bagian jaringan yang mati atau organ tubuh. Jika terjadinya penyumbatan pada percabangan aorta yaitu di daerah perut bisa menimbulkan sakit di area pinggang hal ini juga dapat menimbulkan gangguan ereksi. Pada dasarnya seluruh penyakit pembuluh darah itu memang mengakibatkan rasa sakit yang berlebihan dan sangat membuat menderita penderitanya.

Artikel lainnya :
Manfaat renang untuk kesehatan
Gejala kanker usus
Manfaat asi untuk buah hati

About

Menjadi lebih baik adalah hasil dari belajar karena ilmu yang bermanfaat akan selalu merubah seseorang ke arah hal yang lebih baik…
Berusaha terus tegar dengan semua kehidupan adalah cara memenangkan persaingan dalam diri, karena pesaing terberat bukanlah orang diluar sana melainkan diri sendiri agar mudah dikalahkan dan selalu berubah…
Do or Die untuk berjuang…
@Fa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.