Gejala Anemia atau Gejala Kurang Darah

Gejala Kurang Darah – Anda mencari gejala kurang darah?. Artikel kami membahas gejala kurang darah yang dapat anda baca menjadi referensi. Merupakan kondisi tubuh dimana jumlah dari sel darah merah ( hemoglobin ) yang berada pada sel darah nilainya dibawah kadar normal. Hemoglobin merupakan protein yang berperan mengangkut oksigen berasal dari paru – paru dan menyebarkan keseluruh tubuh. Kodisi demikian akan mengganggu jaringan sel dalam tubuh. Sel darah merah mengalami kekurangan oksigen dan menjadikan jaringan dalam tubuh anda tidak dapat bekerja. Energi yang dihasilkan akan berkurang. Ciri dari adanya gejala adalah gelisah dan pucat pada beberapa bagian tubuh, merasakan lemah atau lemas tidak berenergi, sesak pada saluran pernafasan, dan sebagaimnya. Hal tersebut dapat dikatakan bagian dari gejala penyakit anemia atau kurang darah.

Bagaimana cara mengetahui anda menderita anemia?. Untuk mengetahui apakah anda menderita anemia atau tidak dengan melakukan tes. Tes yang dilakukan pada rumah sakit atau dokter. Kadar hemoglobin akan menentukan anda menderita anemia atau tidak. Setelah megetahui kadar hemoglobin anda bandingkan dengan kadar normal. Perbandingan ini merupakan keputusan dari hasil tes yang anda lakukan.

Kekurangan hemoglobin akan menyebabkan beberapa hal yang anda alami. Lemas, lesu, pucat pada bagian bada tertentu, dan sebagainya. Keadaan ini akan mengakibatkan anda malas beraktifitas. Aktifitas yang anda lakukan akan terasa berat dan menguras tenaga karena energi di dalam tubuh tidak diperoleh secara maksimal.

Penanganan penderita anemia harus dilakukuan secara intensif. Pemberian nutrisi pada penderita anemia atau kurang darah harus tercukupi dengan baik. Nutrisi yang buruk akan memperburuk keadaan untuk penderita anemia. Selain nutrisi yang diperhatikan adalah pola hidup yang dilakukan. Penerapan pola hidup yang baik akan memperbaiki keadaan secara alami.

Untuk keterangan lebih lanjut perhatikan point – point gejala anemia atau gejala kurang darah berikut :

Ciri – Ciri Anemia (Kurang Darah)

Beberapa hal yang dapat menjadi indikasi dari penyakit anemia telah disebutkan pada bagian atas. Secara umum berikut ini menjadi ciri indikasi penyakit anemia kami jelaskan. Baca tiap poinnya dengan seksama, jika anda mengalami ciri demikian periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Bagian kelopak Mata Menjadi Pucat

Untuk mengetahui Anemia atau ciri – ciri anemia yang anda alami pada umumnya bagian kelopak mata anda. Pada bagian mata terutama kelopak mata penderita terlihat pucat. Saat kelopak mata anda di regangkan, perhatikan dengan baik pada bagian bawah di dalam kelopak mata akan terlihat bagian bagian yang pucat. Seorang yang normal tidak terlihat pucat dan terlihat agak kemerahan yang dipengaruhi oleh pigment darah. Cara mengatasi anemia atau kurang darah.

Artikel lainnya :

Apa penyebab batuk berdarah

Manfaat buah melon

Gejala Asam urat

Penyebab batuk kering

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Merasakan Lelah

Anemia ini timbul karena faktor dari kurangnya energi. Tubuh seorang yang menderita penyakit anemia memiliki ciri seringnya mengalami 5L yaitu Letih, Lemah, lelah, Lesu dan Lunglai. Ini disebabkan karena energi yang berkurang. Kadar hemoglobin yang rendah ini mempengaruhi energi yang ada di dalam tubuh. Selain itu oksigen dalam hemoglobin akan mempengaruhi oksidasi energy. Pasokan oksigen dari paru – paru kurang akan senilai dengan energy yang dihasilkan. Perhatikan dengan baik asupan makanan yang biasa kita makan untuk menanggulanginya.

Artikel lainnya :

Bahaya minuman keras

Penyebab Kurang darah

Apa saja makanan penambah asi

Olah raga untuk mengecilkan perut buncit

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Merasakan Sakit Kepala

Penderita anemia akan merasakan sakit kepala. Sakit kepala atau kepala akan terasa berat, ini meruapakn hal yang biasa terjadi. Pengaruh dari menurunnya kadar hemoglobin pada darah akan dirasakan oleh seluruh tubuh. Seringnya sakit pada bagian kepala ini akan semakin tinggi intensitasnya jika tidak segera ditangani dengan baik. Konsentrasi otak akan menurun karena kehilangan fokus dan kepala lebih terasa nyaman jika direbahkan. Saat demikian anda perlu memperbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup untuk mengurangi rasa sakit.

Artikel lainnya :

Makanan sehat untuk ibu hamil

Apa saja manfaat buah sawo?

Ketahui apa itu magnesium?

Kenali serotin zat yang menenangkan!

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Merasakan Mual – Mual

Mual mual merupakan hal yang akan dirasakan. Rasa mual akan lebih sering dirasakan pada saat pagi hari, terutama saat bangun tidur. Gejala demikian sering dikenal dengan morning sickness. Morning sickness bukan hanya terjadi pada kehamilan saja atau menjadi ciri kehamilan tetapi bagian dari ciri anemia. Seorang penderita anemia akan mengalami hal yang sama karena keadaan perut atau energi dalam tubuh yang tidak terpenuhi. Asupan nutrisi yang lengkap akan memberikan kenyamanan pada perut dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Artikel lainnya :

Khasiat buah tomat

Makanan yang mengandung asam folat

Tanda awal kehamilan

Penyebab keguguran

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Bagian Ujung Jari pucat

Ujung jari merupakan bagian yang paling mudah terlihat berikutnya. Adanya perubahan warna pada ujung jari menjadi pucat ini akan sangat mudah kita lihat. Bagaimana mengetahui ujung jari sebagai ciri anemia?. Lakukan penekanan pada ujung jari anda. Perhatikan perubahan warna pada bagian ujung jari apakah menjadi lebih pucat atau tidak. Ujung jari yang berubah menjadi lebih pucat hal ini merupakan bagian dari ciri penyakit anemia. Jika ujung jari anda tidak mengalami perubahan hal ini tidaklah perlu dipermasalahkan. Keadaan demikian merupakan keadaan yang normal. Lakukan beberapa kali pada ujung jari anda untuk melihat hasil yang maksimal.

Artikel lainnya :

Manfaat buah pisang

Khasiat atau manfaat buah naga

Apa manfaat buah kurma

Apa manfaat buah alpukat

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Denyut jantung berubah

Denyut jantung tidak stabil. Jantung yang bertugas memompa darah akan berubah ubah denyutnya. Tekanan denyut jantung akan lebih kencang karena pasokan darah tidak stabil. Darah yang mengandung hemoglobin akan berubah ubah atau tidak teratur. Beberapa keadaan mempengaruhi denyut jantung tetapi pada kasus Paltipasi ini lebih besar dipengaruhi oleh keadaan darah yang tidak normal.

Artikel lainnya :

Buah untuk darah rendah

Manfaat renang

Gejala kanker usus

Manfaat Asi untuk bayi

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Bagian Wajah Menjadi Pucat

Bagian badan yang pucat bukan hanya pada kelopak mata. Pada bagian lain yaitu wajah secara keseluruhan akan mengalami hal yang sama. Wajah yang pucat dipengaruhi oleh kandungan hemoglobin. Pada penderita anemia akan mengalami pucat pada bagian kulit wajahnya. Seorang penderita yang telah mencapai tahap ini harus segera beristirahat seckupnya. Seorang yang telah terlihat pucat pada beberapa bagian tubuhnya termasuk wajah tidak diperkenankan terlalu lelah. Memaksakan bekerja bukanlah hal yang terbaik karena penderita membutuhkan istirahat.

Artikel lainnya :

Pola makan diet sehat

Fungsi asam folat untuk ibu hamil

penyebab susah tidur

Bahaya merokok

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Daya tubuh menurun

Daya tahan tubuh pada penderita anemia akan menurun. Penyebab dari penurunan daya tahan tubuh karena energi yang dihasilkan dalam tubuh berkurang. Kekebalan tubuh yang menurun akan menyebabkan penderita mudah drop atau sakit. Hal yang mengkhawatirkan dari penderita keadaaan ini memudahkan penyakit menyerang tubuh.  Untuk penderita yang daya tahan tubuhnya menurun harus mendapatkan penanganan yang intensif.

Artikel lainnya :

Penyebab rambut rontok parah

Cara merawat rambut alami

Penyebab batuk berdahak

Makanan sehat untuk diet

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Rambut Rontok

Nutrisi yang tersebar dalam tubuh berkurang. Hal yang menandakan kurangnya nutrisi di dalam tubuh berupa kerontokan pada bagian rambut. Energi yang masuk kebagian kepala sangat sedikit dan tidak dapat menutrisi rambut. Rambut yang kekurang nutrisi akan mengalami kerontokan di beberapa bagian sampai seluruhnya. Hemoglobin yang bertugas membawa nutrisi seluruh tubuh menjadi salah satu faktor kerontokan. Proses oksidasi yang tidak dapat berjalan maksimal menyebabkan beberapa masalah di bagian tubuh.

Artikel lainnya :

Manfaat mandi air hangat

Tips atau cara penyimpanan asi yang tepat

Cara memperbanyak asi

Tanda bahaya kehamilan

Cara mengatasi rambut rontok parah

Gejala Anemia – Gejala Kurang Darah – Sesak Nafas

Tingkat oksigen dalam darah akan sangat mempengaruhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Kekurangan oksigen bukan hanya menyebabkan sakit kepala. Tetapi kekurang oksigen menyebabkan sesak pada bagian nafas dan memperberat kerja paru paru. Kandungan oksigen dalam darah yang sedikit harus memaksa kerja paru paru untuk memperoleh oksigen segar yang lebih. Selain itu seperti dijelaskan diatas kerja jantung akan semakin berat karna kadar oksigen yang sedikit.

Artikel lainnya :

Cara agar cepat tidur dengan mudah.

Manfaat buah nanas

Bahaya kafein

Cara menjaga kehamilan

Terima kasih atas kunjungan anda. Kiranya artikel gejala anemia atau gejala kurang darah bermanfaat silahkan bantu share artikel ini. Dengan tujuan semua orang mendapatkan manfaatnya dan meningkatkan manfaat dari website kami. Hal merupakan apresiasi baik untuk kami dalam memberikan informasi terutama di bidang kesehatan.

About

Menjadi lebih baik adalah hasil dari belajar karena ilmu yang bermanfaat akan selalu merubah seseorang ke arah hal yang lebih baik... Berusaha terus tegar dengan semua kehidupan adalah cara memenangkan persaingan dalam diri, karena pesaing terberat bukanlah orang diluar sana melainkan diri sendiri agar mudah dikalahkan dan selalu berubah... Do or Die untuk berjuang... @Fa

8 thoughts on “Gejala Anemia atau Gejala Kurang Darah

  1. vitamin otak says:

    Wow that was unusual. I just wrote an very long comment
    but after I clicked submit my comment didn’t appear.

    Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyways, just wanted to say great blog!

  2. Septi says:

    Awesome article.

  3. Ronni says:

    Artikel yang menarik untuk dibaca, terima kasih atas semua bacaanya, memang anemia merupakan penyakit yang sangat mengganggu pekerjaan…
    wawasan tentang gejala anemia ini menjadi wawasan baru bagi saya…

  4. Debian says:

    Okay terima kasih atas intformasinya….

    1. Septa@Ata says:

      Okay terima kasih atas kunjungannya

  5. Della says:

    Saya menderita kurang darah, sering merasa lemas dan lesu setiap aktifitas badan terasa lebih mudah capek, seperti yang dijelaskan ini…

    1. Septa@Ata says:

      Terima kasih atas kunjungannya dan penjelasan singkatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.