Cara Penyimpanan Asi Yang Tepat

Cara penyimpanan asi – Anda bingung cara penyimpanan asi yang tepat seperti apa?. Baca cara penyimpanan asi pada artikel kami ini, pasti akan anda ketahui bagaimana caranya untuk menyimpan asi. Asi merupakan kebutuhan mutlak buah hati. Kebutuhan yang harus dipenuhi dengan baik demi pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Penyimpanan asi yang selalu segar dan terjaga kebersihannya dalam payudara merupakan tempat terbaik. Hal demikian merupakan penyimpanan secara alamiah yang dapat dilakukan oleh seorang ibu. Setiap aspek alami tentunya lebih baik jika dibandingkan dengan aspek buatan, karena seornag ibu telah di bentuk sedemikian rupa untuk menunjangnya.

Tempat penyimpanan lain asi. Asi yang menjadi kebutuhan ini tak bisa kita abaikan. Permasalahan penyaluran asi untuk ibu yang bekerja merupakan permasalah yang harus dihadapi. Di dalam mengadapi permasalahan ini menimbulkan banyak pemikiran. Timbulnya pemikiran pulang saat bekerja atau menyimpan asi dalam sebuah wadah. Memikirkan hal demikian harus dilakukan dengan baik dan penuh pertimbangan.

Pertimbangan berkaitan dengan penyimpanan pengganti untuk menyimpan asi. Dalam menentukan penyimpanan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertimbangan berkaitan dengan tempat yang higienis dan lama asi di dalam tempat. Berikut kami jelaskan beberapa hal yang harus ibuperhatikan dengan baik.

Artikel lainnya :
Penyebab bab berdarah
Penyebab sakit perut sebelah kiri
Penyebab sakit kepala

Cara penyimpanan asi – Menjaga Tetap Steril

Kebersihan atau steril merupakan hal yang harus benar benar diperhatikan. Menjaga kebersihan tempat pengganti untuk menyimpan asi menjadi salah satu prioritas utama. Pada dasarnya asi yang disimpan secara steril di dalam tubuh ketikan harus dipindahkan harus pada tempat yang benar. Untuk menyimpan asi kedalam wadah gunakan alat bantu seperti pompa atau manual. Hal yang terpenting adalah menghindari kontak langsung dengan asi. Kontak langsung dapat menyebabkan asi terkontaminasi.

Artikel lainnya :
Penyebab sakit perut sebelah kanan
Penyebab sakit perut bagian bawah
Manfaat buah jeruk
Manfaat buah anggur hitam

Cara penyimpanan asi – Pemilihan Botol

Pemilihan tempat yang telah ditentukan. Tempat yang digunakan seperti botol harus dipikirkan dengan baik. Gunakan botol plastik ASIP untuk penyimpanan. Botol berbahan plastik ringan dan penutup yang rapat. Kesegaran asi akan terjaga dengan menggunakan botol plastik. Dengan menggunakan botol plastik lebih baik dibandingan dengan botol kaca. Alasan yang menjadi dasar adalah tempat botol akan disimpan dalam lemari es. Botol berbahan kaca akan meningkatkan beban dan mudah pecah dalam lemari es. Sehingga penggunaan botol kaca kurang efektif. Pilihlah botol berbahan plastik untuk menyimpan asi.

Artikel lainnya :
Manfaat buah anggur
Mengenal serotin
Manfaat apel
Ketahui manfaat madu

Cara penyimpanan asi – Volume ASI dalam Botol

Volume asi dalam botol harus menjadi perhatian berikutnya. Sesuaikan kebutuhan asi yang akan diminum buah hati dalam botol. Kebutuhan asi sesuai dengan usia buah hati anda. Menyesuaikan volume asi memiliki manfaat. Selain kebutuhan buah hati terpenuhi hal ini mengurangi resiko asi tersisa dan menjadi tempat berkembang bakteri. Asi yang telah dikeluarkan dari lemari es harus langsung habis. Pemberian asi berulang dengan botol yang sama dalam satu waktu tidaklah baik. Penggunaan asi yang berulang dapat menyebabkan terkontaminasi. Jika asi terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan diare pada buah hati.

Artikel lainnya :
Baca manfaat buah mangga
Cara Mencegah Kehamilan Saat Berhubungan

Cara penyimpanan asi – Pemberian label

Pemberian label untuk menandai asi sangat disarankan. Pemberian label pada botol untuk memberikan keterangan. Keterang berupa waktu pemerahan dan waktu pemberian. Hal demikian untuk menjaga kesegaran asi dalam botol. Pemerahan yang dilakukan pada awal harus diberikan terlebih dahulu dibandingkan pemerehan berikutnya. Label akan menunjukan data tersebut sebagai hal yang penting.

Cara penyimpanan asi – Tempat penyimpanan botol

Fokus tempat penyimpanan yang dipilih harus tepat. Menyimpan asi dalam botol akan menentukan apakah asi dapat diberikan atau tidak. Asi yang telah lama dalam penyimpanan sangat tidak baik untuk diberikan kepada buah hati.

Berikut tempat penyimpanan botol asi yang dapat dipilih :

Lemari es

Lemari es akan memberikan kesegaran. Suhu yang digunakan dalam lemari es kurang dari 4o C. menggunakan suhu ini asi dapat digunakan dan bertahan selama 5 hari. Perbedaan suhu pada lemari es akan membedakan lama waktu pemberian asi. Menggunakan suhu di bawah 4o C asi dapat bertahan selama 3 hari. Simpan asi dalam rak yang berada dalam lemari es agar tertata dengan baik.

Artikel lainnya :
Buah untuk darah rendah
Gejala asam lambung

Freezer

Jika anda memilih menyimpan dalam freezer sebagai tempat penyimpanan botol. Freezer akan mengurangi zat antibodu di dalam asi. Suhu dalam freezer yang terlalu dingin akan menyebabkan kerusakan pada asi. Menyimpan pada freezer asi dapat bertahan dalam waktu 3 sampai 6 bulan tetapi dengan suhu kurang dari 18o C.

Artikel lainnya :
Gejala asam urat
Makanan sehat untuk diet

Box Pendingin

Alternatif lain penyimpanan adalah box pendingin. Gunakan box pending sebagai tempat sementara saja. Penggunaan box pendingin yang terlalu lama sangat tidak baik. Lama waktu dalam box pendingin tidaklah boleh lebih dari 24 jam. Box pendingin digunkan hanya untuk saat anda pergi dan kembali setelah beraktifitas.

Artikel lainnya :
Bagaimana cara mengatasi susah tidur
Cara mengatasi rambut rontok parah

Cara penyimpanan asi – Lama waktu Penyimpanan ASI

Perbedaan penyimpanan asi menyebabkan perbedaan waktu kesegaran dan lama pemberian. Sebagai seorang ibu harus benar benar memperhatikan dengan baik hal demikian. Faktor waktu akan dipengaruhi tempat penyimpanan. Waktu asi dalam freezer dan lemari es akan berbeda ketahanannya. Lemari es asi akan bertahan selama 2 minggu dan freezer mencapai 2 sampai 6 bulan.

Artikel lainnya :
Posisi tidur yang baik
Cara mengobati asam urat

Cara penyimpanan asi – Suhu yang dibutuhkan Penyimpanan ASI

Asi yang disimpan membutuhkan suhu yang baik. Keadaan asi akan dipengaruhi oleh suhu. Baik buruknya kesegaran asi sangat menentukan kesegaran asi. Pilih suhu yang tepat menjadi hal penting untuk ibu.

Perhtikan faktor suhu berikut :

Ruangan yang terbuka dengan suhu 19 – 26o C idealnya asi disimpan selama 4 jam.

Kulkas atau lemari es dengan suhu 4o C idealnya asi digunakan dalam waktu 72 jam sampai dengan 3 hari.

Freezer dengan suhu 18-20o C idealnya asi digunakan selama 3 bulan.

Pemilihan penyimpanan asi yang tepat menjaga buah hati tetap sehat. Buah hati kita sangatlah rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Kondisi buah hati yang masih membutuhkan pengawasan ini peran penting ibu. Cara penyimpanan asi.

Artikel lainnya :
Ciri ciri paru paru basah
Gejala demam berdarah pada anak

About

Menjadi lebih baik adalah hasil dari belajar karena ilmu yang bermanfaat akan selalu merubah seseorang ke arah hal yang lebih baik... Berusaha terus tegar dengan semua kehidupan adalah cara memenangkan persaingan dalam diri, karena pesaing terberat bukanlah orang diluar sana melainkan diri sendiri agar mudah dikalahkan dan selalu berubah... Do or Die untuk berjuang... @Fa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.